Jumat, 07 Oktober 2011

8 Fakta tentang Boyband & Girlband di Korea



1. Mempunyai Leader
Semua boyband dan girlband di Korea itu pasti punya leader atau pemimpin. Biasa nya leader dipilih karena faktor umur/yang tertua atau emang dia personel yang paling berbakat di grup nya.
Contoh untuk personel yang menjadi leader karena dia paling tua:

  • Leeteuk ( Super Junior)
Dia memimpin boyband bernama super junior yang beranggotakan 13. Hebat bukaaaan? Dia sangat berwibawa dalam memimpin dongsaeng2 nya. Walaupun karena sifat nya sangat baik itu, para dongsaeng-nya pada ngelunjak dan suka menjahili Leeteuk. Sebelum bergabung di boyband ini, dia menjalani masa training selama 7 tahun. Lama banget yaaa, jadi pantes aja kalau leeteuk yang jadi leader^^



  • Onew (SHINee) 

Onew menjadi leader dari boyband beranggotakan 5 cowok kece bermana SHINee.






Contoh personel yang dijadikan sebagai leader bukan karena dia anggota tertua:

  • G-Dragon (Big Bang)









  • Choi Joong Hoon (FT Island) 









  • CL (2ne1)










  •  Yunhoo TVXQ 









Leader boyband atau girlband di Korea rata rata bergolongan darah A. Ada kabar mengatakan bahwa manajemen artis korea menetapkan aturan bahwa leader dari sebuah grup harus mempunyai goldar A. Goldar A cenderung stabil, berkharisma, bertanggung jawab, serta disiplin.

2. Maknae dari sebuah grup harus menarik

Maknae, atau anggota paling kecil di grup dipilih secara khusus oleh managemen. Maknae harus bersikap konyol atau bodoh, contohnya seperti:


  • Seungri (BigBang) 
Seungri terkenal dengan over-pede nya, dia juga suka narsis kalo udah ketemu sama yang namanya kamera. Hyung22 nya selalu ngakak kalau dia udah bicara tentang dirinya dengan kepedeannya yang tingkat maksimal xD










  • Taemin (SHINee)



  • Kyuhyun (Super Junior)
Maknae ini terkenal dengan keimutannya dan muka nya yang aegyo. Dia suka sekali mengerjai hyung22nya, tetapi anehnya hyung2 nya tidak pernah marah karena mereka sangat sangat menyayangi kyuhyun, aaa so sweet u,u






  • Mir (MBLAQ)
Maknae yang satu ini terkenal dengan celetukannya yang aneh-aneh.














Tau kenapa para maknae mempunyai wajah wajah yang imut? Karena manajemen tidak sembarang memilihnya, pertama mereka melihat warna kulit yang harus putih susu, dan wajah yang baby face. Apabila kriteria nya telah cocok, baru mereka melihat talenta yang dimiliki.

3. Maknae Biasanya dipilih Terakhir


Maknae biasanya dipilih paling akhir oleh manajemen. Terkadang manajemen juga kesulitan dalam memilih maknae, karena maknae biasanya ditempati orang2 yang spesial, entah dari bakat, ataupun penampilannya. Contoh: Kyuhyun SuJu, Taemin SHINee, SeungRi BigBang, Shohyun 4Minute, dst.

Maknae harus siap untuk membantu hyung atau eonni nya, bahkan terkadang dalam suatu grup maknae lah yang paling rajin contoh nya Chansung 2PM yang suka membereskan bekas makan para hyung nya ataupun SeungRi bigbang yang rela membelikan hyung nya minum sampai rela jalan kaki, duuh baik sekali. Berbeda dengan KyuHyun SuJu yang terkenal suka memerintah para hyung nya, tetapi anehnya mereka nurut nurut saja hahahaha dasar Kyu.

4. Harus ada personel yang menonjol di Grup


Untuk menaikkan pamor atau popularitas boyband atau girlband, harus ada 1 atau 2 orang yang menonjol di Grup. Entah itu maknae, leader, atau bukan. Personel ini biasanya mendapatkan perhatian lebih dari publik, entah dari penampilan atau personallity nya. Contoh:


  • Siwon (Super Junior)
Cowok kece ini terkenal karena ketampanannya. Kemampuan akting nya yang oke punya menambah popularitasnya.














  • Yoona (SNSD)
Yap, tidak salah lagi, Yoona SNSD juga terkenal karena kecantikkan nya, dia bahkan pernah di tobatkan sebagai wanita tercantik di Korea. Wow*.*












  • heechul (Super Junior)
Heechul terkenal karena kepribadiannya yang unik.















  • G-dragon (BigBang)
G-dragon terkenal karena ke-fashionista-an nya.









Dan yang gak enak nya, main vocalist di sebuah grup tidak tampak menonjol. Padahal, semua bergantung pada main vocalist, kalau di suatu event mereka tidak tampil baik dalam menyanyi, yang kena imbas nya adalah si main vocalist itu sendiri. Sedih bukaaaan? Contoh main vocalist yang gak terlalu menarik perhatian publiik:



  •  Yesung (super Junior)

  • Taeyeon (SNSD)












5. Kepopuleran Suatu Grup Tidak Hanya Ditunjang Karena Menyanyi

Semua anggota harus multi-talented. Suatu grup idola di Korea tidak akan melambung namanya kalau hanya menanyi, mereka harus bisa melakukan kegiatan entertainment lainnya. Contoh nya membintangi iklan, menjadi MC di acara tertentu, menjadi penyiar radio, main film, atau mempunyai reality show. Banyak contoh buat ini, TOP bigbang yang menjadi bintang iklan LG, Super Junior yang sering tampil di banyak reallity show seperti hello baby, dan mempunyai acara radio sendiri (Super Junior Kiss The Radio), 

6. Mengalami Training

Sebelum masuk sebuah boyband atau girlband, mereka harus mengalami masa trainee, disini mereka dilatih oleh management masing masing, baik dari olah vokal, kemampuan berbicara, akting, bahkan pembentukan tubuh. Setelah menjalani training barulah mereka di ekspos ke publik. Biasanya para leader menjalani training lebih lama dari anggota lainnya. Masa training itu sangatlah tidak sebentar, ada yang 1 tahun, 2, sampai 5 tahun lebih, tergantung management.Personel yang mengalami masa trainee paling sebentar adalah Kyuhyun (SuJu) dan Sunny (SNSD). Mereka hanya menjalani trainee selama 3 bulan, mungkin karena kyuhyun sudah mempunyai vokal yang dewa jadi management tidak perlu repot2 melatihnya lama lama, sedangkan Sunny SNSD menjalani trainee sesingkat itu karena ia sudah pernah menjalani trainee sebelumnya.

7. Demi Bergabung Dalam Grup, Mereka Harus Meninggalkan Sekolah

Memang pilihan yang sulit, tetapi mereka harus memilih antara sekolah atau ingin menjadi artis. Contoh nya Sohee wondergirls yang rela meninggalkan kuliah nya demi debut dengan wondergirls. Tapi, masih ada kok artis Korea yang memikirkan pendidikannya^^

8. Mempunyai Panggilan Untuk Fans-nya

Di Korea fans grup idolajuga mempunyai nama, dari ELF buatfan Super Junior, shawol buat fans SHINee, Cassiopeia buat fans TVXQ, VIP buat fans Bigbang, Hottest buat fans 2PM, SOne buat fans SNSD, blackjack buat fans 2ne1, wonderful buat fans wondergirls, affection buat fans f(x) dan banyak lagi.  


Diambil dari berbagai sumber, semoga menambah wawasan yaaa^^ :p

    0 Say What?:

    Posting Komentar

     
    Tempelate Designed by Lettha| Copyright-2011 Protected | Infinite